Blogger Templates by Blogcrowds

my beloved dog

kemaren, tanggal 4 Desember 2009, anjing gue, si uki, kembali ke pangkuanNya. gue seddiih, bilang si uki 'mati' aja gue gak tega. uki itu udah tua banget untuk ukuran anjing. dia udah ada dari semenjak my parents belom nikah. dan tanggal 18 september kemaren emak-babe gue ngerayain 15 tahun perkawinan mereka. berarti kira-kira umur si Uki udah 16 tahun. kata guru ipa gue waktu SD, 1 tahun umur anjing= 7 tahun umur manusia.. berarti umur si uki kalo diterjemahin ke umur kite kite udah 112 tahun. ckckck.
sebenernya yang gue sesalkan adalah di akhir hidupnya si Uki, gue suka cuek sama dia. gue terlalu sibuk (atau bisa juga dibilang sok sibuk) dengan semua tugas gue yang mungkin gue nya aja yang lebay. gue gak pernah menyediakan waktu buat ngelus si uki barang setengah jam ajaa. paling gue cuma pegang palanya sebentar terus langsung cuci tangan. biasa, puber, takut kuman nanti jerawatan..:( alay deh gue. dan gue sangat MENYESAL.
di hari kematian si Uki, pulang sekolah gue ke McD bareng vitri, ririn, ayu, ada juga dyar & suli. tadinya mau ke Estetika,tapi gakjadi. nah pas pulang, itu jam 1. gue ngeliat si uki disamping mobil di garasi lagi meringkuk. mengenaskan. Uki kotor banget, kurusss banget, dan ada luka berdarah di punggungnya dan gue tercengang menatap dia. tapi dia masih tetap tidur dengan nafas yang berritme cepat. gue masih berdiri. terus si uki menatap gue, gue jongkok dan ngelus kepalanya. dan gaktau kenapa air mata gue berlinang. uki masih tetap cantik seperti biasanya. terus gue inget tugas PTD dan langsung ngibrit ngambil netbook. (ninggalin uki LAGI buat tugas).
jam setengah 3, adek gue yang si Gabriel masuk kamar gue dengan wajah panik. "mbak, uki mati masa."
(gue dengan nada meremehkan menganggap anak kelas 3 SD belom bisa bedain antara sakaratul maut sama mati) "ah apaan si! masuk tuh ketok dulu! lagian kamu juga jangan asal ngomong."
"enggak, bener dia udah tiduran gitu kaya kambing mati. perutnya gak kembang kempis. bibirnya terbuka sedikit!"
"heh! yang bener?"
gue langsung lari ke garasi dan mendapati uki dengan keadaan seperti yang digambarkan Gabriel. gue manghela nafas. Ukii....
finally gue dan Gabriel menggali tanah di bawah pohon mangga. emak gue yang ngangkat uki. eyang gue tidak sampai hati melihatdan memilih di dalem rumah aja.
terkahir kami berdoa di samping makam Uki. gue menitikkan air mata 3 kali Uki please pardon me for not took care of you along i've been with you...
gue dan gabriel bikin nisan dan ditancep di makam uki bertuliskan "Rest in Peace our beloved dog, UKI"
my advice is, don't ever deny someone or something you love for some reason. you never know when they will leave you. even it's just your dog.
uki, semoga kamu tenang di sana ya ki. maaf ya kik kalo aku sering menjauh dari kamu karena kamu kotor. ini pelajaran buat aku. ILYSM

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda